Pages

Selasa, 01 Oktober 2013

Profil dan Biografi Lengkap Ustadz Jeffri (Uje)

Profil dan Biografi Lengkap Ustadz Jeffri (Uje)
Uje lahir di Jakarta pada tanggal 12 April 1973 adalah seorang pendakwah, ustadz, penyanyi sekaligus artis. Ustadz Uje kerap juga dipanggil sebagai ustadz gaul karena dalam dakwahnya sering menggunakan gaya bahasa anak muda.

Putra ketiga dari lima bersaudara ini sejak kecil sudah diberikan pendidikan agama yang baik, termasuk mengaji, oleh kedua orang tuanya almarhum . H. Ismail Modal dan Hj. Tatu Mulyana. Tak heran, berkat bimbingan orangtuanya, Uje kecil sudah fasih dalam membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Bahkan karena kepandaiannya itu, ia berhasil mencatatkan prestasi saat masih duduk di bangku SD dengan menjuarai Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) hingga tingkat provinsi.

Setelah lulus SD Uje bersekolah di Pondok Pesantren Daar el-Qolam Gintung, Jayanti, Tangerang. Namun selama di pesantren, Uje terbilang nakal. Sampai akhirnya Uje dikeluarkan dari pesantren tersebut yang sempat dikecapnya selama setahun yang harus dijalani. Setelah itu, Uje dipindahkan ke Madrasah Aliyah (MA, setingkat SMA). Bukannya bertambah baik, kenakalan Uje justru meningkat.

Setelah lulus di tahun 1990 dan kuliah di akademi broadcasting, kenakalan Uje justru semakin bertambah. Dia bergaul dengan pemakai narkoba dan sering dugem. Bahkan Uje akhirnya tak menyelesaikan kuliah.

Uje bertemu dengan Pipik Dian Irawati, seorang model gadis sampul majalah Aneka tahun 1995 asal Semarang, Jawa Tengah. Saat itu, Uje masih berstatus sebagai pemakai. Meski demikian, hal itu tidak menghalangi Pipik yang bersedia dinikah pada tanggal 7 September 1999. Pernikahannya dengan Pipik ini dikaruniai tiga orang anak, Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, dan Ayla Azuhro.

Uje mulai ‘menemukan’ Tuhan tatkala ia diajak umroh beserta ibu dan kakaknya untuk bertobat. Dapat menginjakkan kaki di tanah sang nabi mendatangkan sensasi tersendiri di hati Uje kala itu. Terlebih saat ia dapat bersandar di Ka’bah, seketika ia teringat pada masa lalunya, kelamnya kehidupan yang pernah ia jalani membuat air mata penyesalan mengalir deras dari matanya. Saking merasa berdosanya, ia membentur-benturkan kepalanya sambil meminta ampun kepada Allah SWT. Ia berharap segala dosa yang telah dilakukannya dapat diampuni.

Uje mulai berdakwah di majelis taklim, mushola, dan masjid. Ia berdakwah pertama kali di sebuah masjid di Mangga Dua. Pipik Dian Irawati, istrinya, menuliskan teks dakwah yang mesti disampaikan saat itu. Hasilnya, honor ceramah sebesar Rp35 ribu dia bawa pulang dan langsung diberikan kepada istrinya.
Selain itu Uje, juga menyampaikan dakwahnya dalam bentuk lagu-lagu Islami, debut albumnya, 'Lahir Kembali' diluncurkan 2006 lalu. Beberapa lagu diciptakannya sendiri dan dinyanyikan bersama penyanyi lagu-lagu religius muslim, seperti Opick, bahkan pernah berkolaborasi dengan grup band Ungu dalam mini album Ungu bertajuk Para Pencari-Mu di tahun 2007.

Biodata Ustadz Jeffri Al Bukhari
Nama Panggilan : Uje
Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 12 April 1973
Meninggal : 26 April 2013 (umur 40)
Kebangsaan : Indonesia
Pekerjaan : Penceramah, Penyanyi, Aktor
Agama : Islam
Istri : Pipik Dian Irawati Popon
Anak : Adiba Khanza, Mohammad Abidzar , Ayla Azuhro Attaya, Bilal Rizkillah

Orang Tua : H. Ismail Modal & Dra. Hj. Tatu Mulyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar