Pages

Minggu, 29 September 2013

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

DEFINISI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI.


Definisi Komunikasi Antarpribadi
Tiga ancangan utama definisi komunikasi antar pribadi:
1. Definisi berdasarkan komponen (componential)
2. Definisi berdasarkan hubungan diadik (relational [dyadik])
3. Definisi berdasarkan pengembangan     (developmental)

1. Definisi berdasarkan komponen (componential)

Penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera (lihat komponen2 komunikasi)

2. Definisi berdasarkan hubungan dyadik (relational [dyadik])

Komunikasi yang berlangsung diantara 2 orang yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas. Mis : pramuniaga-pelanggan, orang tua-anak, wawancara 2 orang, dsb.
Hampir tidak mungkin k’si dydic bukan KAP bahkan orang asing yg menanyakan alamat termasuk kap
Diperluas sampai sekelompok kecil orang ( 3 atau 4 orang).


Ciri2 komunikasi dyadik:
a.    Peserta komunikasi berada dlm jarak yg dekat
b.    Peserta komunikasi mengirim dan menerima pesan secara simultan dan spontan (verbal, non
c.    verbal)
d.    Keberhasilan komunikasi menjadi tanggung  jawab para peserta komunikasi
e.    Kedekatan hubungan peserta komunikasi tercermin pd jenis – jenis pesan atau respon nonverbal
f.    mereka seperti sentuhan, tatapan yg ekspresif, dan jarak fisik yg dekat
g.    Komunikasi antarpribadi mungkin didominasi oleh satu pihak

3. Definisi berdasarkan pengembangan

Komunikasi antar pribadi dimulai dari komunikasi yang bersifat tak pribadi (impersonal) menjadi komunikasi pribadi atau intim (mrpk akhir k’si tak pribadi/impersonal)

Menurut Deddy Mulyana:
Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi antara orang2x secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain scr langsung baik verbal maupun non verbal.

HAKIKAT KOMUNIKASI ANTARPRIBADI

Diantara semua pengetahuan & keterampilan yg dimiliki manusia komunikasi termasuk yg paling penting dan berguna.

Komunikasi intrapribadi :
 Anda berbicara dgn diri sendiri, mengenal diri sendiri, mengevaluasi diri sendiri, meyakinkan diri sendiri tentang ini dan itu, mempertimbangkan keputusan2x yg akan diambil, dan menyiapkan pesan2x yg akan Anda sampaikan kpd orang lain.
Misal: berpikir, melamun, dll.
Komunikasi antarpribadi :
Anda berinteraksi dgn orang lain, mengenal mereka dan diri Anda sendiri, dan mengungkapkan diri sendiri kpd orang lain.
Misal: dgn kenalan baru, kawan lama, kekasih, anggota keluarga, dll.

Komunikasi kelompok kecil & organisasi :
Anda berinteraksi dengan orang lain, memecahkan masalah, mengembangkan gagasan baru, dan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Misal: Wawancara kerja, rapat dewan eksekutif, pertemuan minum kopi informasl s/d pertemuan formal yg membahas masalah2x internasional.

Komunikasi publik/terbuka :
 orang lain memberi anda informasi, dan membujuk anda, untuk membeli, berpikir dgn cara tertentu, untuk mengubah sikap, pendapat, atau nilai.
Komunikasi massa : Anda dihibur, diberi informasi, dibujuk oleh media (TV, radio, koran, dan buku). Melalui kebiasaan Anda membaca dan pola belanja anda, anda akan mempengaruhi bentuk dan format media.

CIRI – CIRI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI

Menurut Deddy Mulyana :

1.    Anggota dlm proses komunikasi tatap muka
2.    Pembicaraan berlangsung scr terpotong2 karena peserta bebas berbicara, ini disebabkan kedudukannya relatif sama (tidak ada yg mendominasi pembicaraan/pembicara tunggal)
3.    Sumber dan penerima sulit dibedakan dan diidentifikasi, antar anggota saling mempengaruhi satu sama lain.

Ciri- ciri KAP menurut Judy. C. Pearson) :

1.    KAP bersifat transaksional
2.    KAP mencakup aspek isi pesan dan hubungan antar pribadi
3.    KAP dimulai dg diri pribadi (self)
4.    KAP mensyaratkan adanya kedekatan fisik antar pihak2 yg berkomunikasi
5.    KAP melibatkan pihak2 yg saling bergantung satu sama lain
6.    KAP tidak dapat diubah maupun diulang

TUJUAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI

1.Mengenal diri sendiri dan orang lain

KAP memberikan kita kesempatan untuk memperbincangkan diri kita sendiri, belajar bagaimana dan sejauhmana terbuka pd orang lain serta mengetahui nilai, sikap dan perilaku orang lain shg kita dpt menanggapi dan memprediksi tindakan orang lain.

2. Mengetahui dunia luar

KAP memungkinkan kita untuk memahami lingkungan kita baik objek, kejadian dan orang lain. Nilai, sikap keyakinan dan perilaku kita banyak dipengaruhi oleh KAP.

3.Menciptakan dan memelihara hubungan menjadi bermakna

KAP yg kita lakukan banyak bertujuan  untuk menciptakan dan memelihara  hubungan yg baik dg orang lain. Hubungan tsb membantu mengurangi kesepian dan ketegangan serta membuat kita lebih positif ttg diri kita sendiri.

4.Mengubah sikap dan perilaku

Banyak waktu yg kita pergunakan untuk mengubah/ mempersuasi orang lain melalui KAP

5.Bermain dan mencari hiburan, kejadian lucu mrpk kegiatan untuk memperoleh hiburan.

Hal ini bisa memberi suasana yg lepas dari keseriusan, ketegangan, kejenuhan, dsb.

6. Membantu orang lain


Psikiater, psikologi klinik dan ahli terapi adl contoh2 profesi yg menggunakan KAP untuk menolong orang lain. Memberikan nasihat dan saran kpd teman juga mrpk contoh tujuan proses KAP untuk membantu orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar